Materi Descriptive Teks, Contoh Text, dan Soal Latihan

Materi Descriptive Teks, Contoh Text, dan Soal Latihan



Penjelasan Descriptive Text dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu genre dalam teks bahasa inggris yaitu Descriptive Text. Sebelum mendalami materi tentang Descriptive Text kita harus mengetahui arti dari kata Descriptive itu sendiri. 

Dalam bahasa Indonesia, Descriptive berarti Deskripsi. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, "Deskripsi berarti  pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci." Kemudian adalagi pengertian yang diambil dari wikipedia bahwa "Deskripsi berarti satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri." 

Maka dapat disimpulkan bahwa Descriptive text adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang suatu hal. Misalnya, mendeskripsikan orang orang, binatang atau suatu benda baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Descriptive text juga bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.

Generic Structure dari Descriptive Text
Pada setiap genre teks bahasa inggrismemiliki generic structurenya sendiri-sendiri, termasuk Descriptive text. Sama dengan yang lainnya, Descriptive text juga harus ditulis secara berurutan. Jika kamu hendak menulis sebuah descriptive text maka pastikanlah susunannya seperti ini:

1. Identification
Bagian identification berisi pendahuluan dan gambaran umum tentang suatu topik. Identification berfungsi sebagai pengenalan dari apa yang kita sedang jelaskan. supaya para pembaca atau pendengar tidak salah mengerti. Misalnya yang kita jelaskan adalah kucing, namun para pembaca/pendengar malah salah mengerti menjadi anjing,

2. Description
Pada bagian description berisi ciri-ciri khusus atau sifat-sifat yang terdapat dalam benda, orang, atau binatang yang sedang kamu jelaskan.

Ciri-Ciri Descriptive Text
Sekarang mari kita simak ciri-ciri yang dimiliki oleh descriptive text supaya kamu tidak bingung bagaimana untuk memulai menulis descriptive text yang baik dan benar. Descriptive text memiliki beberapa ciri yaitu:
  • Menggunakan Simple Present Tense. Tenses ini digunakan karena dalam descriptive text kita akan menjelaskan suatu fakta atau kebenaran yang terdapat dalam suatu hal atau orang.
  • Menggunakan banyak kata adjective . Kata adjective digunakan karena dalam descriptive text kita akan menjelaskan sifat - sifat dari suatu benda, manusia, atau binatang. silahkan lihat link berikut jika masih belum mengerti tentang adjective: Materi Adjective, Contoh Teks dan Kumpulan Kata Lengkap dan Download Daftar Kata Adjective Lengkap dari A - Z
  • Kita akan sering menjumpai kata "is" atau relating verb (kata kerja penghubung) dala descriptive text. karena 'is' itu berarti 'adalah' yang mengarahkan pada penjelasan benda,orang atau binatang yang sedang kita jelaskan.
  • Descriptive text hanya fokus menjelaskan pada satu objek.
Contoh Descriptive Text

Materi Descriptive Text, Contoh Text, dan Soal Latihan
My Lovely Cat

(Identification) 
I have a stray cat as my pet. 

(Description) 
He is really playful, He loved to play with me and the new things he found. He has orange and white fu, his fur is so soft and I like to rubs it for him. He has a long tail. He likes to play with it. He is also always try to catch his tail sometimes. I also like to hold him in my hand, when i hold him like that he will fall asleep.


Penjelasan:
  • Kalimat pertama atau paragraf pertama adalah Identification: Dalam Kalimat ini menjelaskan bahwa si penulis memiliki kucing liar sebagai kucing peliharaannya.
  • Paragraf kedua berisi tentang Description: berisi penjelasan atau deskripsi tentang kucing si penulis dengan memaparkan sifat-sifat dan kebiasannya seperti: Kucingnya yang suka bermain, dia punya bulu berwarna orange dan putih yang lembut, dan dia suka bermain dengan buntutnya.
Untuk mengetes wawasan kalian sialahkan untuk mengisi soal pada tautan di bawah ini:


Cukup sekian materi kali ini, terimakasih sudah membaca Materi Descriptive Text di blog ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. See you later~

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates: