Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense
Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Past Perfect Continuous Tense (namanya panjang banget ya). Apa itu yang disebut dengan Past Perfect Continuous Tense? Baiklah, Past Perfect Continuous Tense adalah tense yang menunjukkan sebuah aktifitas yang telah terjadi di masa lalu
dan masih berlangsung di waktu tertentu di masa lalu juga. Past Perfect Continuous Tense hampir sama dengan Present Perfect Continuous Tense, hanya waktunya saja yang berbeda. Past = Masa Lampau, sedangkan Present = Masa Kini. Jadi pastikan bahwa kamu sudah memahami betul apa itu Present Perfect Continuous Tense, sebelum melanjutkan ke materi ini.


Rumus Past Perfect Continuous Tense
Past Perfect Continuous Tense terdiri dari tiga unsur tense yaitu unsur past yang menggunakan verb-2, unsur perfect yang menggunakan have + verb-3, dan unsur continuous yang memakai be + V-ing. Kalian harus menggabungkan ketiga unsur tersebut untuk membuat sebuah kalimat Past Perfect Continuous Tense. Maka akan terbentuklah rumus Had + been + Verb-ing. Kenapa? Karena had adalah bentuk kedua dari have/had yang merupakan ciri dari past, kemudian been merupakan verb-3 dari be, dan verb-ing yang menjadi syarat utama dari continuous. untuk itu mari kita simak rumusnya pada tabel berikut ini.

Fungsi Past Perfect Continuous Tense
  • Past Perfect Continuous Tense berfungsi untuk menyatakan sebuah aktifitas yang sedang terjadi dengan jeda waktu yang jelas di masa lalu sebelum aktivitas yang lain terjadi. Contoh: How long had you been having this cat before you gave it to me? (Berapa lama kamu punya kucing ini sebelum kau memberikannya kepadaku?)
  • Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk menunjukkan sebab dari akibat yang terjadi di masa lalu. Contoh: That dog became so fat because he had been overeating. (Anjing itu menjadi gemuk karena dia makan terlalu banyak)
Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense
  • Doni had been waiting for his meal for an hour until he got fainted. (Doni sudah menunggu makan siangnya selama sejam sampai akhirnya dia pingsan)
  • My sister had been watching TV since I went to school. (Saudara perempuanku telah menonton TV sejak aku pergi ke sekolah)
  • My baby had been sleeping since I went to the grocery store. (Bayiku telah tertidur sejak aku pergi ke toko bahan makanan)
  • My father had been fishing in the lake more than two hours before he went home. (Ayahku telah memancing di danau selama dua jam sebelum dia pulang ke rumah)
  • You had been reading that novel for a week before you bought the new one. (Kau sudah membaca novel itu selama satu minggu sebelum kamu membeli yang baru)
  • Kim Kurniawan had been travelling to germany with his girlfriend Elisa Novia before he played in a match (Kim Kurniawan telah melakukan perjalanan ke jerman bersama pacarnya, Elisa Novia sebelum dia bermain di sebuah pertandingan)
  • This project had been being made by me for an hour (Tugas ini telah dibuat oleh saya selama satu jam)
  • A mouse had been being caught by a cat since five minutes ago (Seekor tikus telah tertangkap oleh seekor kucing sejak lima menit yang lalu)
  • I had been feeding my cats before I went to work (Aku telah memberi makan kucing-kucingku sebelum aku pergi bekerja)
  • He had been solving many cases since he was elected as a detective in police department (Dia telah memecahkan banyak kasus sejak dia dipilih sebagai detektif di departemen kepolisian)
  • He had been forcing to marry her before he got a job (Dia telah dipaksa untuk menikahinya sebelum dia mendapatkan pekerjaan)
  • Riki had not been watering his plants then the plants were all died  (Riki tidak menyiram tanamannya maka semua tanamannya mati)
Baiklah cukup sekian materi kali ini semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam memahami materi Past Perfect Continuous Tense. Jangan lupa untuk memberi komentar di bawah ini dan share melalui sosial media kamu. Thank you and see you nest time ;)

Subscribe to receive free email updates: