Materi, Struktur, dan Contoh Teks Advertisement

Materi, Struktur, dan Contoh Teks Advertisement

Materi, Struktur, dan Contoh Teks Advertisement - Kita pasti setiap hari sering melihat iklan dimana-mana setiap harinya, entah itu di TV, Radio, Koran, Majalah, Banner, Baliho, Pamflet, Sosial Media, dan lain lain. Bukan main lagi sepertinya iklan sudah menjadi hal lumrah yang sehari-hari kita lihat dimanapun kita berada. Biasanya iklan berisi berita tentang produk, jasa, ataupun lowongan pekerjaan. Iklan dalam bahasa inggris disebut dengan Advertisement (disingkat menjadi Ads). Advertisement bertujuan untuk mengumumkan sesuatu agar banyak orang tertarik untuk membelinya atau menggunakannya dan tentu menambah kepopuleran dari produk tersebut. Iklan bisa berupa tulisan, Lisan, maupun Audio-Visual yang sering kita lihat di TV.

Fungsi Advertisement
  • Giving an information = Advertisement tentu memberikan informasi kepada konsumen tentang apa-apa hal tentang produk/jasa yang akan dijual.
  • To influence or to persuade = Sebuah Advertisement berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi seseorang untuk membeli barang atau jasa yang terdapat pada Advertisement. Tentu dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan kreatif hingga membuat orang-orang ingin membelinya.
  • To give the impression : Dengan memperkenalkan produk kita ke orang lain maka orang-orang akan mempunyai kesan tersendiri dengan Advertisement yang kita pasang, contohnya Advertisement-nya yang menarik, lucu, mudah diingat, bahkan sampai terbawa ke kehidupan sehari-hari.
  • Communication tool = Advertisement bisa menjadi alat komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli secara tidak langsung. Jadi ketika calon pembeli melihat Advertisement suatu produk dan merasa tertarik maka dia pasti akan membeli produk tersebut kepada penjual.
Generic Structure dari Advertisement
  • Title (Judul) = Bagian title ini menjelaskan rangkuman atau merupakan topik utama dari Advertisement. Contohnya: Buy one get one free!
  • Explanation (Penjelasan) = Pada bagian explanation ini berisi semua informasi mengenai Advertisement itu sendiri, Yaitu bisa berupa, apa produknya, siapa yang harus memakainya, bagaimana cara menggunakannya, dan lain sebagainya.
Contoh Advertisement


Advertisement konser

Materi, Struktur, dan Contoh Teks Advertisement



Advertisement Shampoo
Materi, Struktur, dan Contoh Teks Advertisement


Advertisement Hotel
Materi, Struktur, dan Contoh Teks Advertisement


Advertisement Ice Cream
Materi, Struktur, dan Contoh Teks Advertisement


Advertisement Restaurant
Materi, Struktur, dan Contoh Teks Advertisement




Contoh Advertisement dalam bentuk Audio-Visual


Silahkan download soal latihan dan text mengenai advertisement dalam bahasa inggris pada link yang tertera di bawah ini.


Baiklah, Cukup sekian materi advertisement kali ini, semoga dapat menambah wawasan kalian dalam bahasa inggris. Oh ya, Iklan juga biasanya tidak menunjukkan semua informasi produk jika sudah terkenal contohnya seperti video di atas. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. See you next time~~

Subscribe to receive free email updates: