Materi dan Soal Bahasa Inggris Adverb Kelas 7 SMP

Materi dan Soal Bahasa Inggris Adverb Kelas 7 SMP
Setelah mempelajari bahasa inggris selama ini kalian pasti bertanya-tanya mengenai struktur kalimat dan salah satunya adalah adverb. Apa itu adverb? Adverb adalah salah satu bagian dari part of speech yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana dari sebuah aktifitas terjadi atau bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Singkatnya si adverb ini merupakan kata yang digunakan untuk menerangkan verb adjective, atau adverb lainnya. Contohnya seperti, slowly, carefully, often, never, high, shyly, loudly. Nah, jika kalian bertemu dengan kata yang belakangnya -ly maka sudah pasti itu adalah kata adverb.Adverb itu sendiri dalam bahasa indonesia berarti kata keterangan.


Perlu kalian ketahui bahwa adverb itu tidak hanya ada satu melainkan ada jenis-jenisnya yaitu Adverb of Time, Adverb of Place, Adverb of Manner, Adverb of Frequency, dan Adverb of Degree.

contoh adverb dalam bahasa inggris

Jenis - Jenis Adverb
  1. Adverb of TimeAdverb of Time yaitu kata keterangan yang dipakai untuk menyatakan kapan suatu aktivitas/peristiwa terjadi. Dengan kata lain adverb ini menunjukkan waktu terjadinya peristiwa. Contohnya seperti today, tomorrow, last night, next year, dan lain-lain.
    Contoh kalimat :
    - I went to Jakarta last year (aku pergi ke jakarta tahun lalu)
    - Tomorrow I will have a Mathematics exam (besok aku akan ujian matematika)
  2. Adverb of place
  3. Adverb of place adalah kata keterangan yang menjelaskan dimana tempat terjadinya suatu kejadian/peristiwa. Contohnya seperti in, at, on, beside, above, there, below, dan lain sebagainya.
  4. Contoh kalimat : 
  5. - I am sitting beside my mother on the train (aku duduk di sebelah ibuku ketika berada di kereta)
  6. - I put my books
  7. below
  8. my desk (aku menyimpan bukuku dibawah meja)
  9. Adverb of MannerAdverb of Manner adalah sebuah kata keterangan yang menunjukkan bagaimana sebuah aktifitas dilakukan. Contohnya seperti angrily, badly, beautifully, honestly, suddenly, correctly, dan lain sebagainya.
    Contoh Kalimat :
    - She dances beautifully (dia menari dengan cantik)
    - He screams angrily to his dog (dia berteriak dengan marah pada anjingnya)
  10. Adverb of FrequencyAdverbs of Frequency adalah jenis kata keterangan yang menjelaskan seberapa sering sebuah kegiatan dilakukan. Adverb of frequency biasanya menjelaskan suatu kebiasaan yang kita lakukan berulang-ulang. Contoh katanya adalah always, usually, normally, often, sometimes, seldom, never, dan lain lain.
    Contoh Kalimat:
    - Lucas always passes his exams (lucas selalu lulus ujian)
    - She is always happy (dia selalu senang)
  11. Adverb of DegreeAdverb of degree adalah kata keterangan yang digunakan untuk menyatakan sebuah seberapa banyak tingkatan atau rangking dari suatu kejadian/peristiwa. Contoh katanya adalah quite, fairly, almost, completely, hardly, dan lain lain.
    Contoh kalimat:
    - She sings fairly well (dia menyanyi cukup baik)
    - The film is quite interesting (filmnya lumayan menarik)
Untuk melihat list adverbs silahkan download pada link di bawah ini yaa


Kalian juga pasti ingin menguji kemampuan kalian dalam adverbs kan? Silahkan untuk download soal latihan adverbs pada link berikut ini.


Baiklah cukup sekian materi  kali ini, semoga dapat membantu pembelajaran kalian semua. Jika kalian menyukai artikel ini silahkan share ke teman-teman kalian. Juga jangan lupa berikan komentar pada kolom komentar di bawah ini agar menjadi motivasi bagi kami untuk bisa menulis konten yang lebih baik lagi. Thanks for reading, Keep studying English!~ ^^,

Subscribe to receive free email updates: