Materi dan Soal Bahasa Inggris Recount Text Kelas 8 SMP

Pernahkah kalian memiliki pengalaman yang menarik dan menceritakannya kembali ke teman-teman kalian? Nah, Situasi tersebut dalam bahasa inggris memiliki nama genre text sendiri, yaitu Recount Text. Apa sih definisi dari recount text yang sebenarnya? Lalu bagaimana tata bahasa (generic structure) dalam recount text? Juga apa ciri - ciri recount text? Yuk daripada banyak pertanyaan lagi mending kita langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi Recount Text
Coba kalian cek pada kamus apa itu recount. Menurut kamus, kata 'Recount'memiliki arti menceritakan. Jadi Recount text dapat diartikan sebagai 'Text yang menceritakan'. Maka Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya. Kita mungkin pernah mendengar sebelumnya dari guru kita bahwa Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan kita. Lalu, tujuan dari Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.

Ciri-Ciri Recount Text
  • Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali
  • Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali with my family.
  • Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before', dan lain lain.
Generic Structure dari Recount Text
Generic structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu :
  • Orientation
    Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan waktu terjadinya peristiwa.
  • Events
    Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan semua yang terjadi secara berurutan dari awal  sampai selesai
  • Re-orientation
    Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut juga akhir atau penutup dari cerita.
Dibawah ini adalah beberapa contoh dari Recount Text:

Recount Text tentang Liburan di Pantai

Holiday in Santolo Beach
          When Idul Fitri holiday, after visiting my parent at Pameungpeuk, Garut, I and my family went to Santolo Beach to refresh our mind after the long time of work. It's rarely to take a vacation because I'm very busy.
          The way to Santolo beach is quite good, and the view is really beautiful. On our left and right is full of rice fields and many coconut trees along the way. But when we nearly arrived, there was a long traffic jam so we hardly to get in into the beach. I guess this was because of the Idul Fitri holiday, so people want to go to beach too. Then we just take a walk to the beach because it was not far. Fortunately the weather was not too hot on that day.
          After we arrived, the beach was so crowded. But we still enjoyed the time by took pictures, swimming, playing sand, and go around the beach by boat. We stay overnight in the inn that we have rent before.
          We got up so early in the morning that we could enjoy sunrise landscape at the beach. My cousin playing with white sand and I took a picture of him.
          A day at Santolo beach felt so short, we were quite tired for playing a whole day, but we were very happy.

Terjemahannya:
Liburan ke Pantai Santolo
          Ketika libur lebaran, setelah mengunjungi orang tua saya di Pameungpeuk, Garut, saya dan keluarga saya pergi ke Pantai Santolo untuk menyegarkan pikiran kita setelah lama bekerja. Ini jarang untuk berlibur karena saya sangat sibuk.
          Jalan ke Pantai Santolo pantai cukup bagus, dan pemandangan benar-benar indah. Pada kiri dan kanan kami penuh sawah dan pohon kelapa banyak di sepanjang jalan. Tapi ketika kita hampir tiba, ada kemacetan panjang sehingga kita hampir tidak bisa masuk ke pantai. Saya kira ini adalah karena libur lebaran, sehingga orang-orang ingin pergi ke pantai juga. Akhirnya kita berjalan ke pantai Karena itu tidak jauh. Untungnya cuaca tidak terlalu panas pada hari itu.
          Setelah kami tiba, pantai itu begitu penuh sesak. Tapi kami masih menikmati waktu dengan mengambil gambar, berenang, bermain pasir, dan pergi di sekitar pantai dengan perahu. Kami menginap di penginapan yang kita miliki sewa sebelumnya.
          Kami bangun pagi sehingga kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit di pantai. Sepupu saya bermain dengan pasir putih dan saya mengambil foto dirinya.
          Sehari di pantai Santolo rasanya begitu singkat, kami cukup lelah untuk bermain sepanjang hari, tapi kami sangat senang.

Recount Text tentang Camping

Camping

Some years ago, my friends and I climbed the mountain which was not far from our home. We gathered in Diko’s home to prepare the food, utensil, tent and others. After all the climber members had gathered , we decided to start to go there at 5 p.m.
           Along the ascent, we told about funny story, sang and sometimes stopped our weakness. Around 6 , we stopped to give change everyone to do the maghrib pray. At 7 We continued climbing until 9 night. Finally we got the top of the mountain, we prepared to set the tent, for girl prepared the dinner. After finishing all, we went bed.
           Next day, we woke up earlier at 4 a.m, it meant to see the sun rise, we were so amazed to see it directly through the mountain. While enjoying the sun rise view, the girls prepared the breakfast and the boys made the out bond games for us. Around 8, we finished having breakfast and continued having games. There were moving stone game, blowing the balloon and “bakiak”. I followed all the games, it was so fun.
           The time showed 1 p.m, it was time to us to go back from the mountain. We tidied all and walk down the mountain. We felt so happy after climbing the mountain. Many experiences we got there, friendship and what a wonderful world. I hope can get there again next time although I will never know.

Terjemahan:
Pergi Berkemah

Beberapa tahun yang lalu, teman-temanku dan aku mendaki gunung yang tidak jauh dari rumah kami. Kami berkumpul di rumah Diko untuk menyiapkan makanan, perkakas, tenda dan lain-lain. Setelah semua anggota pendaki telah berkumpul, kami memutuskan untuk memulai untuk pergi ke sana pada pukul 17:00
           Sepanjang jalan pendakian, kami diberitahu tentang cerita lucu, bernyanyi dan kadang-kadang berhenti karena lemas. Sekitar pukul 6, kami berhenti untuk memberikan perubahan setiap orang untuk melakukan sholat maghrib. Pada pukul 7 Kami melanjutkan mendaki sampai pukul 9 malam. Akhirnya kami mencapai puncak gunung, kita siap untuk mengatur tenda, untuk para gadis mempersiapkan makan malam. Setelah menyelesaikan semua, kami pergi tidur.
           Hari berikutnya, kami bangun lebih awal pada pukul 4 pagi, itu berarti untuk melihat matahari terbit, kami sangat kagum melihat langsung melalui gunung. Sambil menikmati pemandangan matahari naik, gadis-gadis menyiapkan sarapan dan anak-anak membuat game obligasi bagi kita. Sekitar pukul 8, kami selesai makan pagi dan terus memiliki permainan. Ada permainan batu bergerak, meniup balon dan “bakiak”. Saya mengikuti semua game, itu sangat menyenangkan.
           Waktu menunjukkan 1 siang, sudah waktunya untuk kita untuk kembali dari gunung. Kami merapikan semua dan berjalan menuruni gunung. Kami merasa sangat senang setelah mendaki gunung. Banyak pengalaman kami tiba di sana, persahabatan dan betapa indahnya dunia. Saya berharap bisa sampai di sana lagi lain kali meskipun aku tidak akan pernah tahu.

Contoh Recount Text tentang Pergi Berenang

In the Swimming Pool
Yesterday I went to the swimming pool with my friends. I brought my bag which is full by the things I need in the swimming pool. When we arrive there, I changed my clothes into swimsuit then I do a little warming up before get into the pool. I used  sunscreen to prevent sun light burn my skin, because this is such a hot day. In the middle of the time when swimming, I feel hungry, then I wore my bathing suit and ate my foods that I brought from home. After that I went swimming again until I have done in having fun. After swimming I put on again my bathing suit and go to the bathroom to rinse my body. I use shampoo to clean my hair and soap to clean my body. After that I used towel for dry my hair and I comb my hair. I wear my clothes and put all the wet clothes ito the plastic bag, so my bag would not get wet by water. Finally I went home with my friends again happily.

Terjemahan:
Di Kolam Renang
Kemarin aku pergi ke kolam renang bersama teman-temanku. Aku membawa tasku yang penuh dengan bawaan kebutuhanku saat di kolam nanti. Ketika kami sampai disana, aku mengganti pakaianku dengan pakaian renang. Kemudian aku melakukan sedikit pemanasan sebelum aku menceburkan diri ke kolam renang. Aku memakai tabir surya untuk menghindari sinar matahari yang membakar kulit, karena ini adalah hari yang panas. Pada pertengahan waktu berenang aku merasa lapar. Kemudian aku memakai baju kimono dan memakan makananku yang kubawa sendiri dari rumah. Setelah itu aku pergi berenanglagi sampai aku benar-benar bersenang-senang. Setelah berenang, aku memakai lagi baju kimonoku dan pergi ke kamar mandi untuk membilas tubuhku. Aku memakai sampo untuk membersihkan rambutku dan sabun untuk membersihkan tubuhku. Setelah itu aku memakai handuk untuk mengeringkan rambutku dan aku menyisir rambutku. Aku memakai bajuku lagi dan memasukkan baju basah kedalam plastik kresek, jadi tasku tidak akan kebasahan oleh air. Akhirnya aku pulang ke rumah bersama teman teman dengan bahagia.

Silahkan download Soal Latihan Bahasa Inggris mengenai recount text pada link di bawah ini.

Baiklah, Cukup sekian materi bahasa inggris mengenai recount text untuk kelas 8 SMP kali ini, semoga dapat membantu pembelajaran kalian dalam mengenal genre text dalam bahasa inggris. Jika kalian menyukai artikel ini silahkan share dan berikan komentar kepada kami agar kami bisa membuat konten yang lebih baik lagi. Thank you for reading and see you on the next post!!~

Subscribe to receive free email updates: