Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP

Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP
Materi dan Soal Bahasa Inggris Descriptive Text Kelas 8 SMP 

Pada kelas 7 SMP kalian pasti pernah mempelajari materi descriptive text. Nah pada kelas 8 muncul kembali materi descriptive text. Agar kamu tidak lupa, kami akan membahasnya kembali disini.

Apa itu Descriptive Text?
Descriptive text adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang sesuatu. Misalnya, mendeskripsikan orang, binatang atau suatu benda, baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Descriptive text juga bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.

Generic Structure dari Descriptive Text.

  1. Identification
    Bagian identification berisi pembuka dan gambaran umum tentang suatu topik. Identification berfungsi sebagai pengenalan dari apa yang kita sedang jelaskan. supaya para pembaca atau pendengar tidak salah mengerti. Pada bagian introduction juga harus menyebutkan alasan kenapa penulis memilih tempat itu untuk di ceritakan.
  2. Description
    Pada bagian description berisi seluruh ciri-ciri umum sampai khusus atau sifat-sifat yang terdapat dalam benda, orang, atau binatang yang sedang kamu jelaskan. Misalnya ketika kita menceritakan tentang suatu tempat, kita bisa memulai dari keseluruhan ciri dari sebuah tempat tersebut seperti bagaimana pemandangannya, bangunannya, Cuacanya, dan lain lain, kemudian merujuk ke detail yang khusus yang melengkapi penjelasan umum sebelumnya.
Sekarang coba kalian amati generic structure dari Descriptive Text di bawah ini:


My Dog
(Identification)
My dad bought me a dog on my birthday. It is a male golden retriever dog. I really love him as my pet. 

(Description)
His name is Jiji. He has brown fur. His fur is really soft and he likes to be rubbed on his belly. He has a long tail and big body. I always take him for walk around because he really like it. Jiji is already as the part of our family.

Penjelasan:
  • Paragraf pertama merupakan Identification karena menceritakan hal umum dari seluruh cerita. Seperti bahwa penulis mempunyai anjing jantan yang diberikan oleh ayahnya saat dia berulang tahun.
  • Paragraf kedua merupakan Description atau penjelasan keseluruhan umum ke khusus. Seperti bahwa nama anjingnya pada text diatas adalah Jiji dengan bulu coklat yang halus, juga diceritakan bagaimana sifat dan kebiasaan dari anjing tersebut.
Ciri-Ciri Descriptive Text
  • Menggunakan Simple Present Tense. Tenses ini digunakan karena dalam descriptive text kita akan menjelaskan suatu fakta atau kebenaran yang terdapat dalam suatu hal atau orang.
  • Menggunakan banyak kata Adjective . Kata Adjective digunakan karena dalam descriptive text kita akan menjelaskan sifat - sifat dari suatu benda, manusia, atau binatang. 
  • Kita akan sering menjumpai banyak kata "is" atau relating verb (kata kerja penghubung) dalam descriptive text. karena 'is' itu berarti 'adalah' yang mengarahkan pada penjelasan benda,orang atau binatang yang sedang kita jelaskan.
  • Descriptive text hanya fokus menjelaskan pada satu objek.
Beberapa Contoh Descriptive Text dan Artinya

Descriptive Text I
Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP
My House
          My House is divided into two floors. On downstairs, I have all the important parts of the house such as the kitchen, bathrooms, storage room and parking garage. On upstairs I have one room where I keep the washer and dryer and one big terrace.
          Downstairs, the floor is divided in eight rooms, four of them are bedrooms, other two are bathrooms and then one kitchen and one dining room.
          In my bedroom, I have a lot of things inside, such as a television, a playstation 3, and many tropies.
          In my sister's bedroom, there is a computer and in the other two bedrooms are for my parent and my other sister. 
          Normally we eat in everywhere we want, but on Sunday we eat together in the dining room. I really love my house, the place where we could share everything together

Terjemahan:
Rumahku
          Rumahku terbagi menjadi dua lantai. Di lantai bawah, saya memiliki semua bagian penting rumah seperti dapur, kamar mandi, ruang penyimpanan dan garasi parkir. Di lantai atas saya memiliki satu ruangan di mana saya menyimpan mesin cuci dan pengering dan satu teras besar.
          Lantai bawah, lantai terbagi dalam delapan ruangan, empat di antaranya adalah kamar tidur, dua lainnya adalah kamar mandi dan satu dapur dan satu ruang makan.
          Di kamar tidur saya, saya memiliki banyak hal di dalamnya, seperti televisi, playstation 3, dan banyak piala.
          Di kamar tidur saudara perempuanku, ada komputer dan dua kamar tidur lainnya adalah untuk orang tua dan adikku yang lain. 
          Biasanya kita makan di mana saja kita mau, tapi pada hari Minggu kita makan bersama di ruang makan. Saya sangat mencintai rumah saya, tempat dimana kita bisa berbagi segalanya bersama.

Descriptive Text II
Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP

Panda
I went to the zoo yesterday and I saw panda for the first time. Panda is the very cute animal I've ever seen. It has little eyes with black spots around them. His body is black and white colored. Panda's body is almost look alike with bear. Panda looks like tame animals but it's actually not. Panda eats bamboo and they almost eat 40 kg bamboo in just one day. Panda is animal from china. I like Panda because they're cute.

Terjemahan:
Panda
Aku pergi ke kebun binatang kemarin dan saya melihat panda untuk pertama kalinya. Panda adalah hewan yang sangat lucu yang pernah saya lihat. Dia memiliki mata kecil dengan bintik-bintik hitam di sekitar mereka. Tubuhnya berwarna hitam dan putih. Tubuh Panda hampir mirip dengan beruang. Panda terlihat seperti binatang jinak tapi sebenarnya tidak. Panda makan bambu dan mereka hampir makan 40 kg bambu hanya dalam satu hari. Panda adalah hewan dari china. Saya suka Panda karena mereka lucu.

Descriptive Text III
Materi, Soal, dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris Kelas 8 SMP

A Tree
          There are three main parts of a tree. They are crown, trunk, and root. The crown is at the top of the tree. It consists of leaves, branches, and twigs. The crown filters dust and other particles from the air. The leaves produce food for the tree through photosyntesis.
          The trunk or stem of a tree supports the crown and gives the tree its shape and strength. The trunk consists of some layers. The layers carry water and minerals up from the roots to the leaves, and they are carry sugar down from the leaves to the branches, trunk and roots.
          Tree's roots absorb water and nutrients from soil, store sugar and hold the tree upright in the ground. Some roots can go down more than four meters.

Terjemahannya:
Sebuah Pohon
          Ada tiga bagian inti dari sebuah pohon. Mereka adalah mahkota, batang, dan akar. Bagian mahkota ada di bagian atas dari pohon, yang terdiri dari daun, cabang, dan ranting. Bagian ini menyaring debu dan partikel-partikel dari udara. Daun memproduksi makanan dari phon lewat fotosintesis.
          Bagian batang dari pohon mendukung pohon dengan memberikan bentuk dan kekuatan. Bagian batang terdiri dari beberapa lapis. Lapisan itu membawa air dan mineral  dari akar sampai ke daun, dan lapisan ini juga membawa gula dari daun ke cabang , batang, dan akar.
          Akar pohon menyerap air dan nutrisi dari tanah, menyimpan gula, dan menahan pohon tetap berdiri di tanah. Beberapa akar bisa menancap sejauh lebih dari empat meter.

Silahkan download soal bahasa inggris tentang descriptive text pada link di bawah ini.


Akhirnya kita sampai juga di penghujung materi, terimakasih sudah membaca materi, soal, dan contoh descriptive text dalam bahasa inggris untuk kelas 8 SMP kali ini. Semoga dapat membantu kalian dalam belajar. Jangan lupa untuk share agar bermanfaat juga bagi teman-teman kalian. Silahkan juga untuk memberikan masukan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini agar penulis lebih semangat lagi untuk menulis konten yang lebih baik lagi. See you on the next post! ^^

Baca Juga:

Subscribe to receive free email updates: