Penjelasan, Soal, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan, Soal, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris
Penjelasan, Soal, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris - Hello everyone, jika sebelumnya kita membahas mengenai Simple Past Tense. Di kelas 8 ini juga muncul tenses yang juga masih berkaitan dengan tenses past yaitu Past Continuous Tense. Past Continuous Tense adalah sebuah tense yang menunjukkan aktifitas yang sedang berlangsung di masa lalu. Mari kita simak pengertian lengkapnya di bawah ini, disertai dengan rumus, contoh kalimat, dan soal bahasa inggris mengenai Past Continuous Tense.

Definisi Past Continuous Tense
Seperti yang kami sebutkan diatas, Past Continuous Tense adalah sebuah tense yang menunjukkan aktifitas yang sedang berlangsung di masa lalu. Maka bisa kita sebut bahwa si pembicara atau subjek sedang membicarakan bahwa dia sedang melakukan sesuatu di masa lalu yang jelas ada waktu dimulai dan kapan waktu selesainya dari peristiwa tersebut. Past Continuous Tense ini hampir sama bentuknya dengan Present Continuous Tense. Lalu apa perbedaannya? Perbedaannya tentu terletak jelas pada konteks waktu-nya. Jika Past adalah masa lampau/masa lalu sementara present konteks waktunya ada di masa kini atau sekarang. Silahkan kalian simak rumus Past Continuous Tense di bawah ini.

Rumus Past Continuous Tense
Rumus Past Continuous Tense ini terdiri dari dua unsur yaitu Past dan Continuous. Maka rumus Past Continuous Tense adalah S + was / were + V-ing. Yang merupakan syarat utama dari past adalah dengan menggunakan verb 2 yaitu ada pada was / were, sementara ciri khas yang dipunyai oleh continuous adalah Verb-Ing. Jika kalian menemukan kata continuous dimanapun itu tenses-nya berarti dia menggunakan Verb-ing karena sifatnya yang masih berlangsung. Berikut adalah rumus dari Past Continuous Tense:
Penjelasan, Soal, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Fungsi Past Continuous Tense

  • Past Continuous Tense berguna untuk menyatakan suatu aktivitas yang terjadi di masa lalu. Contoh: I was crying when you left me alone yesterday (Aku menangis saat kau meninggalkanku sendirian kemarin)
  • Fungsi dari Past Continuous Tense juga adalah untuk menunjukkan ada aktivitas yang terjadi (Simple past tense) bersamaan dengan aktivitas yang lebih panjang durasinya sedang terjadi. Contoh : My sister was studying when someone knocked the door (Saudara perempuanku sedang belajar ketika seseorang mengetuk pintu)
  • Past Continuous Tense digunakan untuk menyatakan kebiasaan dari seseorang yang diulangi beberapa kali. Contoh: You was always bullying her no matter what (Kau selalu mem-buli dia tak peduli apapun)
Contoh Kalimat Past Continuous Tense

  • My mother was listening to Alan Walkers' songs when she cooked foods (Ibuku sedang mendengarkan lagu-lagu Alan Walker ketika dia memasak)
  • Sammy was eating pizza when his friends came (Sammy sedang makan pizza ketika teman-temannya datang)
  • My wife was not cooking breakfast when i wake up (Istriku tidak memasak ketika aku bangun tidur)
  • The music was not playing when the singer starts singing (Musik tidak berputar ketika penyanyi mulai bernyanyi)
  • The audience was listening to the explanation while the lecturer gave his explanation (Penonton sedang mendengarkan penjelasan ketika dosen menjelaskan paparannya)
  • They were seeing the accident of cars on the road yesterday (Mereka melihat kecelakaan mobil di jalan kemarin)
  • I was crying when you came last night (Aku menangis saat kau datang malam kemarin)
  • I was listening to the music when you knocked at my door (Aku sedang mendengarkan musik ketika kau mengetuk pintuku)
  • That man was smoking when he carried the baby (Orang itu sedang merokok ketika dia menggendong bayi)
  • We were playing football when the sun goes down (Kami sedang bermain bola ketika matahari terbenam)
  • I was going to the party when my parents didn't home (Aku pergi ke pesta ketika orang tuaku sedang tidak ada di rumah)
Silahkan download soal latihan bahasa inggris tentang past continuous tense pada link di bawah ini agar kalian bisa mengukur kemampuan kalian dalam mengginakan past continuous tense.


Baiklah, cukup sekian Penjelasan, Soal, dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris kali ini. Jangan lupa untuk share dan bagikan komentar kalian pada kolom di bawah ini. Semoga Materi Past Continuous Tense ini dapat membantu pembelajaran kalian dalam bahasa inggris. Thank you for reading and have a nice day!

Subscribe to receive free email updates: