Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 SMA Kelas X, XI, dan XII

Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 SMA Kelas X, XI, dan XII
Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 13 SMA Kelas X, XI, dan XII - Hello para jagoan bahasa ingris. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SMA Kelas 10, 11, dan 12 lengkap yang bisa di download secara gratis. Silabus ini penting untuk pedoman para guru untuk mengajar di kelas. Namun sebelum itu mari kita simak pengertian, fungsi dan tujuan dari silabus terlebih dahulu.

1. Pengertian Silabus

          Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.:

  • Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  • Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  • Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik

          Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

2.  Fungsi dan Tujuan Silabus

          Tujuan Silabus adalah membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya  dalam menjabarkan kompetensi dasar menjadi perencanaan pembelajaran.

Adapun fungsi silabus secara umum adalah:

  • Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3)  pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaiaan yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator   pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
  • Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok  dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).
  • Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.

Dengan adanya rancangan pembelajaran guru akan lebih terarah dalam penyajian materi ajar atau pengalaman-pengalaman belajar, sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik.

Nah untuk itu disini kami akan memberikan silabus bahasa inggris kurtilas lengkap bagi pengajaran SMA kelas X, XI, dan XII untuk memudahkan bapak/ibu guru mengajar bahasa inggris. Silahkan download silabus bahasa inggris Kurikulum 2013 SMA  pada link di bawah ini.


Baiklah cukup sekian Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 SMA Kelas 10, 11, dan 12 kali ini. Semoga dapat membantu ibu/bapak guru dalam mengajar bahasa inggris di sekolah. Silahkan bagikan agar yang lainnya bisa mengetahui artikel ini. Juga, jangan lupa untuk memberikan komentar kepada kami pada kolom di bawah ini agar kami lebih semangat lagi untuk menulis artikel yang lebih baik lagi. Thank you for reading and see you on the next post!

Subscribe to receive free email updates: