Materi, Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Materi, Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense
Materi, Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense - Hello everyone, how are you today? hopefully you are fine. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Past Perfect Tense. Apa itu Past Perfect Tense? Jika merujuk kedalam arti dari kata Past Perfect Tense itu sendiri, 'Past' berarti lampau dan 'Perfect' berarti sempurna atau sudah selesai dilakukan. Maka bisa kita simpulkan bahwa Past Perfect Tense merupakan tense yang bertujuan untuk menyatakan suatu aktivitas yang sudah terjadi di masa lalu.
Kemudian apa bedanya Past Perfect Tense dengan Past Tense? Kan sama-sama menjelaskan kejadian di masa lalu? Baiklah, perbedaannya terletak di 'Perfect' - nya itu. Jika Simple Past Tense menjelaskan sebuah aktifitas yang telah di lakukan di masa lalu tanpa menghubungkannya dengan masa kini. Sementara Past Perfect Tense menjelaskan sebuah aktivitas yang telah dimulai di masa lalu dan masih ada kaitannya dengan masa kini atau masih terasa efeknya dapat dirasakan sampai saat ini. Dengan begitu, Past Perfect Tense biasanya dibarengi dengan kalimat lain dalam bentuk simple past tense, karena untuk menunjukkan sesuatu yang telah selesai terjadi, harus ada pekerjaan lain yang di dahuluinya. Karena biasa digunakan dalam bentuk kalimat yang mengandung dua aktivitas sekaligus maka akan selalu ada kata sambung seperti Before dan After. Keterangan waktu yang digunakan pun harus berbentuk past tense, seperti yesterday, two weeks ago, last month, dan lain sebagainya.


Rumus Past Perfect Tense
Past Perfect Tense terdiri dari dua rumus yaitu rumus past dan rumus perfect. di dalam rumus past ciri utamanya adalah  menggunakan verb-2 dan rumus perfect menggunakan have/has + verb-3. Maka jika digabungkan akan menjadi S + had + Verb 3, karena bentuk kedua atau verb2 dari have/has adalah had dan ciri utama perfect tentu saja menggunakan verb-3. Mari kita simak rumus lengkapnya pada tabel di bawah ini.

Fungsi Past Perfect Tense
  • Past Perfect Tense berfungsi untuk menunjukkan sebuah aktivitas yang terjadi di masa lalu. Contoh: I had already bought the book before you suggested me to buy it (Aku sudah membeli bukunya sebelum kau memberitahuku untuk membelinya)
  • Past Perfect Tense bisa disandingkan dengan past future tense untuk membentuk conditional sentence type 2. Contoh: If you had eaten before you travel, you would not sick like this (Jika kamu makan dulu sebelum bepergian, kamu tidak akan sakit seperti ini)
  • Past Perfect Tense juga berguna untuk menyatakan suatu aktifitas yang sudah terjadi sebelum kejadian lainnya di masa lalu. Contoh: I had not turned off the stove before I went out yesterday (Aku tidak mematikan kompor sebelum aku pergi keluar kemarin)
Contoh Kalimat Past Perfect Tense
  • I had cooked the food for you before I go to work. (Aku sudah memasak makanan sebelum aku pergi kerja)
  • I had given everything I have but you broke my heart by leaving so easily. (Aku sudah memberikan segalanya yang aku punya tapi kau menghancurkan hatiku dengan meninggalkanku segampang itu)
  • The audience aplauded after the artist had given a very baeutiful performance. (Para penonton bertepuk tangan setelah sang artis memberikan penampilan yang sangat cantik)
  • Had you lived in Bandung before you lived here? (Sudahkah kamu tinggal di bandung sebelum kamu tinggal disini?)
  • How long had you used the Internet when I went out? (Berapa lama kamu menggunakan internet disaat aku keluar?)
  • My aunt died last year when she had giving a birth his first son (Bibiku meninggal saat dia melahirkan anak laki-laki pertamanya)
  • Gita had checked the list of travel equipments before she had travelling (Gita sudah memeriksa daftar barang bawaan sebelum dia melakukan perjalanan)
  • I had never seen him before, I didn't know who he was (Aku tidak pernah melihat dia sebelumnya. Aku tidak tahu siapa dia)
  • It had been a long time after we graduated from high school (Itu sudah lama sekali setelah kita lulus dari SMA)
  • Mrs. Tania had already giving all the material before she gave us an exam (Mrs.Tania sudah memberikan semua materi sebelum dia memberi ulangan)
Baiklah kami rasa cukup sekian materi Past Perfect Tense kali ini. semoga dapat membantu pemahaman kalian dalam grammar. Jangan lupa tambahkan komendar pada kolom komentar di bawah ini dan share artikel ini ke teman-teman kamu lewat sosial media. Terima kasih atas perhatian teman-teman sekalian. See you soon~ :)

Subscribe to receive free email updates: