Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense
Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense - Hello guys, how are you today? hopefully you are fine. Hari ini kita akan membahas tentang Past Future Continuous Tense. Past Future Continuous Tense merupakan sebuah tense yang akan dan sedang berlangsung di masa lalu. Maka aktivitas yang akan di lakukan di masa depan itu tidak jadi dilakukan karena suatu hal di masa lalu.


Rumus Past Future Continuous Tense
Past Future Continuous Tense ini terdiri dari 3 unsur tenses yaitu past (verb-2), Future (Will+verb1), dan continuous (be + verb-ing). Maka akan terbentuk S + would + be + verb-ing. Coba kalian perhatikan would itu gabungan dari will diubah ke verb-2 menjadi would, dan be + verb-ing merupakan ciri utama dari continuous. Past Future Continuous Tense selalu menggunakan waktu lampau contohnya seperti yesterday, last night, one month ago, dan lain sebagainya.  Biasanya juga ditambahkan waktu yang lebih spesifik yang menunjukan waktu, hari, bulan, atau tahun terjadinya aktivitas tersebut. Mari kita simak rumusnya pada tabel di bawah ini.
Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Fungsi Past Future Continuous Tense
  • Past Future Continuous Tense berfungsi untuk menjelaskan sebuah aktifitas yang akan sedang berlangsung di masa lalu. Contoh: I would be studying at Cambridge last year, but I didn't because I got an accident. (Aku akan sekolah di cambridge tahun lalu, tapi tidak jadi karena aku kecelakaan)
  • Past Future Continuous Tense digunakan untuk menebak kejadian yang akan terjadi di masa lalu. Contoh : That man thought that on 2012 the earth would be ending forever. (Lelaki itu mengira pada tahun 2012, bumi akan berakhir selamanya)

Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense
  • My sister would be winning the first place if she got more practice. (Adikku akan memenangkan juara pertama, jika dia lebih banyak berlatih)
  • My baby would not be crying if she drank the milk. (Bayiku tidak akan menangis jika dia minum susu)
  • My mother would be cooking some tasty foods, if you came to the house. (Ibuku akan memasak makanan enak jika kamu datang ke rumah)
  • I would be taking a bus to get here, but there wasn't one of them. (Aku akan naik bis untuk kesini, tapi tadi tidak ada satupun)
  • I would be having breakfast if I didn't come late to the school. (Aku akan sarapan jika aku tidak terlambat ke sekolah)
  • We would be swimming, but it was raining outside. (Kami akan berenang, tapi diluar hujan)
  • Sinta would be working at the hospital, but she didn't finish her school. (Sinta akan bekerja di rumah sakit, tapi dia tidak menyelesaikan sekolahnya)
  • I would be downloading the film, but the wifi didn't work. (Aku akan mengunduh film-nya, tapi wifi-nya mati)
  • She would be playing volleyball in the yard if she got more friends to play with. (Dia akan bermain bola voli di taman jika dia punya banyak teman untuk bermain)
  • Doni would not be dying if he came to the hospital earlier. (Doni tidak akan meninggal jika dia datang ke rumah sakit lebih awal)
Baiklah teman-teman semua, cukup sekian penjelasan tentang Past Future Continuous Tense. Semoga dapat membantu kalian dalam mempelajari grammar dan tenses. Jangan lupa berikan komentar pada kolom di bawah ini, dan juga share ke sosial media kamu~ See you next time~

Subscribe to receive free email updates: