Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense

Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense
Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense - Hello everyone, how are you today? Hari ini kita akan membahas tentang Past Future Perfect Tense. Jika dilihat dari arti katanya past berarti lampau, future berarti di masa depan, dan perfect berarti sempurna/rampung/sudah selesai dilakukan.
Jadi Past Future Perfect Tense adalah sebuah tense yang menyatakan sebuah kejadian yang akan terjadi dan sudah selesai di masa lampau. Jadi kejadian yang akan dilakukan ini tidak jadi dilakukan di masa lalu karena suatu hal, atau bisa juga hanya sebatas angan-angan semata. Nah, mari kita simak rumusnya di bawah ini.

Rumus Past Future Perfect Tense
Past Future Perfect Tense terdiri dari rumus past (S+verb2), future (will+v1), dan perfect (have+verb3). Maka akan terbentuk S + would + have + verb3 sebagai rumus Past Future Perfect Tense. Kita mendapat would dari kata will yang diubah menjadi verb2, dan have+verb3 merupakan ciri utama dari perfect tense. Past Future Perfect Tense ini selalu memakai kata keterangan lampau sebagai keterangan waktunya seperti, yesterday, last night, last day, last month, dan lain sebagainya. Silahkan kalian baca rumusnya pada tabel di bawah ini.
Materi, Rumus, dan Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense

Fungsi Past Future Perfect Tense
  • Past Future Perfect Tense berfungsi untuk menjelaskan sebuah aktifitas yang seharusnya sudah selesai di masa lampau. Contohnya: She would have studied in cambridge university, but she failed the test. (Dia akan telah belajar di universitas cambridge, tapi dia gagal tes)
  • Past Future Perfect Tense bisa digunakan untuk membuat kalimat conditional sentence type 3 dan bersanding dengan kalimat Past Perfect Tense. Contoh: Rita would have married his boyfriend this month if she hadn't got accident (Rita akan telah menikah dengan pacarnya bulanini jika dia tidak mengalami kecelakaan)
Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense
  • My mother would have eaten the poisoned food if I hadn't told her. (Ibuku akan telah memakan makanan yang beracun, jika aku tidak memberitahunya)
  • She would have liked this painting a lot, If she had been here. (Kakakku akan telah sangat menyukai lukisan ini, jika dia masih disini)
  • My cat would have gave birth to her children if she hadn't died when pregnant. (Kucingku akan melahirkan anak-anaknya jika dia tidak mati saat hamil)
  • Lina would have finished her project on time if she hadn't went out for shopping. (Lina akan telah menyelesaikan tugasnya tepat waktu jika dia tidak pergi keluar untuk shopping)
  • She would have learnt English well if she hadn't dropped out from her school. (Dia akan telah mempelajari bahasa inggris dengan baik jika dia tidak dikeluarkan dari sekolah)
  • Gina would have cried all night if her wallet hadn't found. (Gina akan telah menangis sepanjang hari jika dompetnya tidak ditemukan)
  • Riki would not have passed the exam, If he had played games a lot. (Riki tidak akan telah lulus ujian jika dia terlalu banyak bermain games)
  • Sinta would not have played volleyball if she had less of player (Sinta tidak akan telah bermain bola voli jika dia kekurangan pemain)
  • Bigbang would not have known by people if there was no fans behind them. (Bigbang tidak akan telah terkenal oleh orang-orang jika disana tidak ada fans di belakang mereka)
  • My boyfriend would have cheated on me if I hadn't protect him well (Pacarku akan telah selingkuh jika aku tidak melindunginya dengan baik)
Baikalh, cukup sekian materi Past Future Perfect Tense kali ini, semoga dapat menambah wawasan mengenai grammar untuk kalian. Jangan lupa share dan berikan komentar supaya penulis tetap semangat untuk membuat konten yang lebih baik lagi. See you later~

Subscribe to receive free email updates: