Materi Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi

 

Materi Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi

Halo sobat jagoan bahasa inggris. Semoga selalu sehat dan semangat belajar! Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan rangkuman materi bahasa inggris kurikulum 2013 revisi untuk siswa kelas 12 SMA. Di kelas XII ini kalian akan mempelajari berbagai expression, reading texts, dan Grammar. Materi pelajaran bahasa inggris untuk kelas 12 ini berfokus pada persiapan kuliah dan kerja karena banyak membahas bidang yang akan berguna untuk kalian melanjutkan ke jenjang berikutnya. jadi jangan sampai ketinggalan ya.

READING TEXTS

1. Job Application Letter

2. Instruction Text

3. News Item Text

Jika ditelaah dari arti katanya, News berarti berita. Maka News Item Text merupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang menginformasikan mengenai kejadian pada hari ini. Kejadian yang dimaksud disini merupakan kejadian yang perlu diberitakan atau penting.

4. Caption Text and Visual Information

5. Procedure Text

Adakalanya kita tidak mengetahui cara dari membuat atau melakukan hal itu, maka kita akan membutuhkan suatu proses yang runtut atau yang biasa kita sebut dengan prosedur. Di dalam bahasa inggris Procedure Text adalah genre dari sebuah tulisan. Procedure text itu sendiri adalah text yang menunjukan bagaimana cara membuat sesuatu atau cara melakukan sesuatu dengan berurutan atau step by step. Tujuan dari Procedure Text adalah memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang runtut.


EXPRESSION

1. Offering Help

Asking and offering for help adalah salah satu expression dalam bahasa inggris yang menyatakan bahwa kita meminta dan memberikan bantuan kepada seseorang. Biasanya kalimat asking/offering for help dimulai dengan kata Modal Auxiliaries yang berupa can, could, will, would, shall, should, may, might, dan must.

Contoh Kalimat Asking for Help

  • Can you help me? (Bisakah kamu menolongku)
  • Could you please give me a hand? (Bisakah kamu menolong saya?)
  • Would you like to help me? (Maukah kamu menolongku?)

2, Making Request

3. Expressing Hope and Dreams

Hopes and Dreams adalah sesuatu yang kita inginkan untuk terjadi dan kita harus bekerja keras untuk mewujudkannya. Tapi kita tidak akan tahu pasti kapan Hopes and Dreams itu akan terwujud. Untuk menyatakan hopes and dreams kita membutuhkan kata kerja hope dan wish (dream). Apa bedanya hope dengan wish? jika hope biasanya digunakan untuk mengekspresikan keinginan yang baik (goodwill), namun jika wish, merupakan hal yang mustahil bisa terjadi.

Kalimat dengan hope

  • I am hoping for a good grade in mathematics.
  • I am hoping for some success in my business.
  • I hope that today will be sunny.


GRAMMAR

1. Adverb Clause

Adverbs atau bahasa indonesianya adalah kata keterangan. Adverb merupakan kata yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana dari sebuah aktifitas terjadi atau bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Singkatnya si adverb ini merupakan kata yang digunakan untuk menerangkan verb adjective, atau adverb lainnya. Contohnya seperti, slowly, carefully, often, never, high, shyly, loudly. Nah, jika kalian bertemu dengan kata yang belakangnya -ly maka sudah pasti itu adalah adverb. Silahkan baca dengan baik materi adverb ini karena ini merupakan materi grammar yang sangat penting untuk pembentukan kalimat.

2. Noun Clouse

Noun memiliki arti Kata benda dalam bahasa indonesia. Noun adalah kata yang berfungsi untuk menamai suatu objek seperti orang, benda, binatang, tempat, dan hal lainnya. Mempelajari Noun sangatlah penting bagi kita agar kita benar benar memahami bagaimana cara pembentukan kalimat dalam bahasa inggris.

3. Reported Speech

Report text adalah teks yang menunjukkan informasi tentang sesuatu pada umumnya dan apa adanya. Report text ini merupakan hasil dari observasi penelitian dan analisa sistematis. Karena menunjukkan sebuah hasil penelitian ilmiah, maka report text ini biasanya merupakan hal seputar hal-hal ilmiah di sekitar kita, misalnya fenomena alam, tata-surya, planet, hewan, tanaman, kehidupan sosial manusia, negara, budaya, transportasi dan lain sebagainya.

4. Adjective Clause

Adjectives adalah sebuah kata yang menjelaskan sifat dari sebuah benda. Misalnya apakah benda itu berbentuk bulat, berbentuk kotak, berwarna hitam, berwarna merah, besar, kecil, dingin, atau panas dan yang lain sebagainya. Jadi adjective itu menggambarkan sebuah noun (Kata benda) dengan memberikan informasi tentang obyek ukuran, bentuk, umur, warna kulit, asal atau bahan. Intinya, Adjective itu adalah kata sifat yang menjelaskan sebuah sifat dari hal tertentu.

5. Connectives

Connectives adalah sebuah kata atau frasa yang menghubungkan klausa atau kalimat. Connectives bisa juga merupakan conjunction (contohnya but, when, because) atau bisa juga menyambungkan adverbs (contohnya however, then, therefore)

Kata connectives ini membantu arti dari sebuah kalimat menjadi masuk akal dan tidak rancu. contoh dari connectives adalah sebagai berikut:

  • menambahkan: also, furthermore, moreover
  • kebalikan: however, nevertheless, on the other hand
  • memperkuat argumen: besides, anyway, after all.
  • menjelaskan: for example, in the other words, that is to say
  • susunan: first(ly), first of all, finally
  • menandakan hasil: therefore, consequently, as a result
  • menandakan waktu: just then, meanwhile, later

connecting adverbs dan conjunction memiliki fungsi yang berbeda. Conjunction (seperti but dan although) menyatukan klausa langsung dengan kalimat. Sementara connecting adverbs (seperti however) menyatukan sebuah ide dalam kalimat namun dalam klausa yang berbeda,

Contoh kalimat

  • I was angry but I didn’t say anything. (but adalah conjunction - satu kalimat)
  • Although I was angry, I didn’t say anything. (although adalah conjunction - satu kalimat)
  • I was angry. However, I didn’t say anything. (however adalah connecting adverb - dua kalimat)

6. Conditional

7. Causative Verbs


Terimakasih sudah membaca Materi Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi. Kalian bisa klik judul masing-masing materi diatas untuk penjelasan lebih rinci. Semoga rangkuman pelajaran in bisa membantu kalian dalam menjalani masa belajar dan mengajar di sekolah. See you next time and stay healthy!

Subscribe to receive free email updates: