Materi Bahasa Inggris SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi


Materi Bahasa Inggris SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi

Halo sobat jagoan bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan rangkuman materi untuk kelas XI K13 revisi khususnya dalam pelajaran bahasa Inggris. Di kelas 11 ini kita akan mempelajari tentang berbagai expression, reading texts, dan grammar tentunya. Tanpa basa-basi lagi mari langsung saja kita simak rangkumannya seperti berikut ni.

Rangkuman Materi Bahasa Inggris SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi

READING TEXTS

1. Personal Letter

Personal Letter merupakan surat tidak resmi yang ditulis untuk perseorangan, biasanya yang terlibat hanyalah dua orang yang saling mengenal. Biasanya personal letter berisi tentang pengalaman atau sesuatu yang bersifat pribadi.

2. Exposition Text

3. Report Text

Report text adalah teks yang menunjukkan informasi tentang sesuatu pada umumnya dan apa adanya. Report text ini merupakan hasil dari observasi penelitian dan analisa sistematis. Namun terkadang orang-orang menganggap report text ini sama atau serupa dengan Descriptive Text. 

Berbeda dengan Report text yang menunjukkan informasi secara umum, Descriptive text menunjukkan informasi secara menyeluruh dan detail (khusus). Jadi kalian cukup ingat saja bahwa Report text = umum dan Descriptive Text = khusus.

Karena menunjukkan sebuah hasil penelitian ilmiah, maka report text ini biasanya merupakan hal seputar hal-hal ilmiah di sekitar kita, misalnya fenomena alam, tata-surya, planet, hewan, tanaman, kehidupan sosial manusia, negara, budaya, transportasi dan lain sebagainya.

4. Explanation Text

5. Invitation Text

Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita sering menjumpai situasi dimana kita mengundang seseorang atau menerima undangan dari orang lain. Seperti undangan pertemuan, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, pesta kelulusan, dan lain-lain. Jika mendapat undangan dari seseorang kita bisa saja menerimanya ataupun menolaknya. Cara untuk menerima dan menolak undangan dalam bahasa inggris adalah accepting and declining invitation.

Contoh:

  • Might you want to go along with us? (asking)
  • Alright, I’ll come (accepting)
  • I'm Sorry, I can’t (declining)

EXPRESSION

1. Giving Advice 

Memberikan nasihat atau dalam bahasa inggrisnya adalah giving advice. Memberikan nasihat kepada seseorang itu penting karena kita tidak hidup di dunia ini sendirian saja, maka dari itu kita perlu memberitahukan hal yang baik untuk dia lakukan sebagai nasihat atau saran untuk kebaikan dia sendiri.

Contoh Kalimat Giving Advice: 

  • Why don't you drink your medicine?
  • Why don't you go to school today?
  • How about going to the cinema this weekend?
  • How about leaving him some money?

2. Warnings

3. Persuading Someone

4. Expressing Happiness

Bahagia adalah sebuah emosi yang menunjukkan bahwa kita merasa senang. Untuk mengungkapkan perasaan bahagia bisa dalam berbagai bentuk. Contohnya dalam bentuk words (kata-kata), facial expression (mimik muka), dan gestures (gerak tubuh). Apapun bentuk dari kebahagiaan tersebut yang paling penting adalah pesan dari ungkapan tersebut.

Berikut adalah contoh kalimat expressing happiness:

  • That’s fantastic! (Itu luar biasa!)
  • That’s good! (Itu bagus!)
  • I find it very exciting. (Aku rasa itu menyenangkan!)

5. Expressing Sympathy

Ungkapan kepedulian adalah sebuah ungkapan perasaan kasihan dan kesedihan ketika kita mengetahui dan melihat orang - orang yang tidak beruntung, mempunyai masalah, atau sedang di dalam kesusahan. Contohnya, teman kita sedih karena kakekknya sakit. Kita bisa menghiburnya dengan menunjukkan rasa kepedulian kita. Ungkapan showing sympathy ini berfungsi untuk menunjukkan rasa kepedulian kita terhadap kondisi orang lain.

Contoh Kalimat Expressing Sympathy

  • I'm extremely sorry to hear that. (Aku sangat berduka mendengarnya)
  • I was deeply sorry to hear you sick. (Aku sangat berduka mendengarmu sakit)
  • Please accept my condolences. (Turut berbela sungkawa)

6. Expressing Attention

7. Expressing Gratitude

Expression ini tentunya sering sekali kalian ungkapkan setiap hari, misalnya ketika kalian ditolong oleh seseorang kalian mengucapkan terimakasih. Nah situasi tersebut disebut dengan gratitude. Maka, expressing gratitude adalah ungkapan terimakasih kepada seseorang yang telah memberikan sesuatu atau membantu kita dalam masalah.

Contoh Kalimat Expressing Gratitude

  • Thank you/Thanks (terima kasih)
  • Thank you very much (terima kasih banyak)
  • Thanks a lot (terima kasih banyak)

8. Cause and Effect

9. Asking for Opinion

Opini merupakan sebuah teks atau dialog yang mengandung pendapat tentang suatu hal, Biasanya opini satu sama lain itu berbeda atau bertentangan, Kata kerja yang biasanya digunakan dalam opini adalah agree (setuju), believe (percaya), reckon (memperhitungkan), doubt (meragukan), assume (berasumsi), don't agree (tidak setuju), think (rasa/pikir).

Contoh Kalimat Asking Opinion  or Giving Opinion

  • In my opinion.....
  • I think.....
  • What I mean is.....

10. Showing Agreement and Disagreement


GRAMMAR

1. Complex Sentences

2. Modals (Karena lumayan banyak, bisa dipecah menjadi beberapa pertemuan)

Kata kata modal ini pasti sering kali kalian jumpai pada kalimat berbahasa inggris, contoh kata Modal Auxiliaries ini adalah can, could, shall, should, will, would, must, may, dan might. Modal auxiliaries ini bertugas sebagai kata kerja 'pembantu' yang membantu kata kerja utama sebagai 'majikannya'. Maka jika Modal auxiliaries ini dihilangkan dari kalimat, tidak akan mengubah arti kata, karena kata kerja utamanya masih ada disana. 

3. Gerunds

Gerund dalam bahasa inggris adalah noun (kata benda) yang berakhiran -ing. Mungkin kita pernah salah menyangka gerund ini adalah sebuah verb (kata kerja) karena berakhiran -ing, namun sebenarnya gerund ini adalah noun karena penempatannya yang ada pada awal kalimat (subjek) dan akhir kalimat (objek).

4. Infinitives


Terimakasih sudah membaca Materi Bahasa Inggris SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi. Kalian bisa klik masing-masing judul diatas untuk penjelasan lebih lanjut. Semoga rangkuman materi ini dapat membantu kalian dalam proses belajar mengajar di sekolah. See you next time!

Subscribe to receive free email updates: