Materi Pelajaran Bahasa Inggris SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi

 

Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi

Halo sobat jagoan bahasa Inggris semua! Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan rangkuman materi pelajaran bahasa inggris kelas X kurikulum 2013 revisi. Tujuan kami membuat rangkuman pelajaran ini adalah untuk membantu guru dan murid dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Di kelas 10 ini kalian akan mempelajari berbagai Reading Text, Expressions dan Grammar. Tanpa basa basi lagi yuk langsung saja simak rangkumannya sebagai berikut ini.

Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 10 K13 Revisi

Reading Texts

1. Descriptive Text

Descriptive text adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang suatu hal. Misalnya, mendeskripsikan orang orang, binatang atau suatu benda baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Descriptive text juga bertujuan untuk menjelaskan, menggambarkan atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.

2. Invitation

Dalam kehidupan sehari hari tentunya kita sering menjumpai situasi dimana kita mengundang seseorang atau menerima undangan dari orang lain. Seperti undangan pertemuan, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, pesta kelulusan, dan lain-lain. Jika mendapat undangan dari seseorang kita bisa saja menerimanya ataupun menolaknya. Cara untuk menerima dan menolak undangan dalam bahasa inggris adalah accepting and declining invitation.

Contoh:

  • Might you want to go along with us? (asking)
  • Alright, I’ll come (accepting)
  • I'm Sorry, I can’t (declining)

3. Announcement

Announcement adalah sebuah functional text yang menunjukkan pemberitahuan resmi/tidak resmi dalam bentuk lisan/tulisan yang berisikan pesan untuk diketahui oleh semua orang, biasanya berupa sebuah ajakan. Kita dapat mendengar atau melihat Announcement dimana-mana seperti di majalah, koran, mading, tempat ibadah, tempat umum, Televisi, Radio, dan lain lain.

4. Recount Text

Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya. Kita mungkin pernah mendengar sebelumnya dari guru kita bahwa Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan kita. Nah, tujuan dari Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.

5. Narrative Text

Narrative text adalah cerita fiksi atau cerita karangan yang dibuat untuk menghibur pembaca. Narrative text biasanya kita jumpai dalam bentuk dongeng, cerita rakyat, maupun cerita fiksional lainnya. Tujuan Narrative text, seperti yang sudah disebutkan diatas adalah untuk menghibur pembaca/ pendengar dalam suatu cerita dengan kejadian berurutan yang mengarah ke dalam suatu klimaks, dan akhirnya menemukan penyelesaian.

Expressions / Speaking

1. Starting and Ending Conversation


Pada kehidupan sehari - hari kita pasti pernah memberikan selamat atas keberhasilan seseorang atau pencapaian yang baru saja dia alami. Nah, sekarang kita akan belajar bagaimana tentang memberi selamat kepada seseorang atau bahasa inggrisnya adalah congratulating others.


Compliment dalam bahasa Indonesia berarti pujian atau kata pujian. Compliment seringkali kita ucapkan kepada seseorang jika kita menghargai orang tersebut atas keberhasilan atau pencapaian yang telah ia capai.Compliment berguna untuk memberi dorongan semangat bagi seseorang agar orang itu tetap berprestasi dan bahkan berusaha lebih baik dari itu.

4, Talking About Plans


Expression of satisfaction and dissatisfaction atau dalam bahasa indonesianya adalah ungkapan puas dan tidak puas.

Contoh:
  • Are you satisfied? (asking)
  • I’m completely satisfied with everything you’ve done for me. (satisfaction)
  • I am a bit disappointed with the program. (dissatisfaction)

Grammar


Di dalam grammar, bagian-bagian yang membentuk sebuah kalimat dalam bahasa inggris disebut part of speech. Ada 8 bagian dalam Part of Speech yaitu noun, verb, adjective, adverb, pronoun, preposition, conjunction, dan Interjection.


Rumus : Subject + Verb 1(s/es)
Fungsi : Fungsi dari Simple present tense adalah untuk menyatakan fakta, kebiasaan, atau kejadian yang terjadi pada saat ini

Contoh Kalimat Present Tense
  • I swim every twice a month (Aku berenang dua kali dalam sebulan)
3. Simple Past Tense

Rumus : Subject + Verb-2
Fungsi : Simple Past Tense ini sangatlah sederhana karena hanya ingin menjelaskan saja kejadian atau aktivitas yang terjadi di masa lalu.

Contoh Kalimat Simple Past Tense
  • I brought you flowers when you was in hospital two days ago (Aku membawakanmu bunga ketika kamu di rumah sakit dua hari yang lalu)

Rumus : Subject + will + Verb-1
Fungsi : Simple Future Tense ini adalah sebuah tense yang menyatakan sebuah aktivitas yang terjadi di masa depan (yang akan datang) atau masih berupa rencana.

Contoh Kalimat Simple Future Tense
I will make you happy forever. (Aku akan membuatmu bahagia selamanya)


Rumus :  Subject + Would + Verb 1
Fungsi : Past Future Tense adalah sebuah tense yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah keinginan yang tidak terwujud. Dikatakan Past Future karena si pelaku ini akan melakukan sesuatu di masa depan tapi gagal karena sesuatu di masa lalu.

Contoh Kalimat Past Future Tense
  • I would visit you If I knew that you were sick yesterday. (Aku akan mengunjungimu jika aku tahu bahwa kamu sedang sakit)

Passive voice merupakan salah satu struktur bahasa di dalam grammar yang patut kita ketahui. passive voice merupakan gaya tulisan dimana objek dari kalimat berubah menjadi subjek kalimat.

Kemudian bagaimana kalimat passive voice bisa terbentuk? Passive voice terbentuk ketika sesuatu yang biasanya diselesaikan oleh subjek kalimat menjadi diselesaikan oleh objek kalimat.

Di dalam penulisan passive voice, siapapun yang melakukan aksi didalam sebuah kalimat, itu bukanlah subjek dari kalimat tersebut.

Noun memiliki arti Kata benda dalam bahasa indonesia. Noun adalah kata yang berfungsi untuk menamai suatu objek seperti orang, benda, binatang, tempat, dan hal lainnya.


Pronoun adalah salah satu bagian dari part of speech yang berfungsi untuk kata ganti orang atau benda (noun). Pronoun disebut kata ganti karena menggantikan penyebutan noun (kata benda) secara berulang.

Pronoun mencakup sebagai kata ganti untuk orang pertama (saya, kami, dan kita), kata ganti untuk orang kedua (kamu dan kalian), dan untuk kata ganti orang ketiga (dia dan mereka).

Pronoun dibagi ke dalam 8 bagian yaitu, personal pronoun, demonstrative pronoun, interrogative pronoun, relative pronoun, indefinite pronoun, reflexive pronoun, intensive pronoun, dan reciprocal pronoun.

Adjectives adalah sebuah kata yang menjelaskan sifat dari sebuah benda. Misalnya apakah benda itu berbentuk bulat, berbentuk kotak, berwarna hitam, berwarna merah, besar, kecil, dingin, atau panas dan yang lain sebagainya. Jadi adjective itu menggambarkan sebuah noun (Kata benda) dengan memberikan informasi tentang obyek ukuran, bentuk, umur, warna kulit, asal atau bahan. Intinya, Adjective itu adalah kata sifat yang menjelaskan sebuah sifat dari hal tertentu.

10. Adverbs

Adverb merupakan kata yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana dari sebuah aktifitas terjadi atau bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Singkatnya si adverb ini merupakan kata yang digunakan untuk menerangkan verb adjective, atau adverb lainnya. Contohnya seperti, slowly, carefully, often, never, high, shyly, loudly. Nah, jika kalian bertemu dengan kata yang belakangnya -ly maka sudah pasti itu adalah adverb.

Terimakasih sudah membaca Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi. Kalian bisa klik judul untuk pembahasan materi dan contoh yang lebih merinci. Semoga pembahasan kami dapat membantu kalian dalam proses pembelajaran di sekolah. See you next Time!

Subscribe to receive free email updates: